komentar anda

ShoutMix chat widget

7.15.2009

Kata pengantar

Tulisan ini lahir atas dorongan beberapa pembaca yang sempat melihat isi di blog saya yang sebelumnya. di wwwpamonazone@blogspot. Akan tetapi karena kesibukan pada saat itu, dimana saya harus menyelesaikan skripsi maka kemudian blog itu terlupakan dan ironisnya passwordnya sendiri sampai saat ini tidak bisa diaktifkan lagi sehingga blog itu tinggal sejarah saja ^0^. Mungkin passwordnya telah diganti oleh seseorang atau mungkin saya sendiri sudah lupa angka kombinasinya.


(foto: Buku yang diterbitkan oleh GKST tahun 1994 )

Kesimpulan yang saya ambil dari orang yang membaca tulisan saya adalah mereka ingin tahu lebih banyak tentang masyarakat Poso ( To Poso), baik itu sejarah maupun kisah ( legenda ) yang menyertainya. Permasalahanya adalah fakta-fakta tentang keberadaan orang poso yang dibukukan sangat sedikit, sedangkan untuk saksi hidup kebanyakan sudah masuk usia lanjut bahkan banyak dari mereka sudah meninggal dunia. Ironisnya lagi banyak kisah orang poso diwariskan melalui media cerita dari seorang kakek / nenek sebagai dongeng untuk pengantar tidur atau menakut-nakuti cucu mereka agar tidak melangar norma-norma adat istiadat. Cerita itu diteruskan turun-temurun sampai pada suatu saat cerita itu hilang dengan sendirinya dikarenakan generasi selanjutnya engan mendengar kisah cerita leluhurnya karna dianggap kurang menarik dan terkesan dilebih-lebihkan. Mereka kemudian terlarut dalam dongeng orang lain yang sangat populer bahkan di filmkan seperti cerita para elf, dwarf, vampire dan lain-lain.
Penulis kemudian mencoba mengambarkan kehidupan masyarakat poso dari kacamata seorang Zending atau penginjil utusan dari belanda bernama Albert C.Kruyt yang dibukukan oleh Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) tahun 1994. Tulisan tersebut pada mulanya diusahakan oleh rumpun keluarga Drs.A.L.Sigilupu, kemudian bekerjasama dengan pihak GKST menterjemahkan naskah aslinya yang berbahasa belanda melalui dosen pengajar sebuah perguruan tinggi di Tentena bernama Henk van der Velde MA.
Tulisan ini kemudian dibagi atas 2 bagian; bagian pertama merupakan Tulisan asli dari Albert C Kruyt dan tulisan bagian ke dua merupakan pembasan menurut pemahaman penulis. Sebagai catatan meskipun tulisan ini merupakan tulisan pena seorang Zending (pengijil Belanda di tanah Poso) akan tetapi penulis tidak berusaha memasukan unsur “pengkristenan” dalam pembahasannya. Penulis semata-mata hanya ingin pembaca mengetahui gambaran bagaimana kehidupan masyarakat poso jaman dahulu kala. Olenya bila dalam pembahasan ini ternyata penulis melakukan kesalahan penafsiran mohon untuk di koreksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar